Art and Language Exhibition (ALE)

Art and Language Exhibition (ALE) pertama kali diselenggarakan pada tahun 2010 dan merupakan kegiatan yang bersifat tahunan. Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi seni dan budaya sekaligus penampilan kemampuan bahasa dari mahasiswa Program KKI yang nantinya diharapkan mampu tampil di kancah internasional tanpa meninggalkan penguasaan budaya Indonesia.

Acara ini merupakan acara unggulan di Program KKI IAIN Salatiga dengan menghadirkan berbagai pertunjukan yaitu wayang orang bahasa Arab dan Inggris, gamelan, dan seni tari tradisional. Acara ini merupakan pertunjukan wayang orang menggunakan 2 bahasa pertama di Salatiga yang sudah ada sejak 2010. Dengan tema yang berbeda setiap tahunnya, Art and Language Exhibition ingin menunjukkan khasanah kekayaan budaya Indonesia.

Khalayak umum adalah peserta dari acara ini dengan mengundang para dosen, pemangku jabatan di pemerintah Kota Salatiga, para mahasiswa dan pelajar baik di Salatiga dan Indonesia. Dengan begitu, seni dan budaya Indonesia akan lebih di apresiasi oleh orang banyak dan terus lestari ke depannya.

Persiapan acara ini biasanya memakan waktu kurang lebih 6 bulan meliputi latihan tari, drama, dan gamelan. Para pemain melakukan latihan secara individu kemudian dilanjutkan latihan bersama untuk sinkroninasi gerak dan lagu. Untuk menarik lebih banyak peminat, Art and Language Exhibition dipublikasikan melalui berbagai media, seperti flyer ke sekolah-sekolah, poster, MMT, media sosial, video teaser, radio dan lain sebagainya. Dengan begitu acara akan berjalan dengan meriah karena akan diikuti oleh banyak peserta dan didukung oleh para sponsor.